Rabu, 31 Maret 2010

Kelebihan Papan Gypsum dengan Triplek Kayu


Papan gypsum gypsum adalah salah satu produk jadi setelah raw material gypsum diolah melalui proses pabrik. Papan gypsum digunakan sebagai salah satu elemen dari dinding partisi dan plafon. Dulu sebelum papan gypsum popular, masyarakat menggunakan triplek sebagai bahan penutup plafon. Saat ini triplek menjadi material yang cukup mahal dikarenakan bahan baku pembuat triplek tersebut sudah sangat sulit didapat. Gipsum merupakan alternative yang tepat untuk menggantikan triplek, sayangnya masih banyak masyarakat yang belum melihat manfaat dari papan gypsum.

Perbandingan antara Papan Gipsum dan Triplek


Papan Gypsum

Triplek

Tahan kelembaban

Ya

Tidak

Tahan benturan

Ya

Tidak

Mudah diperbaiki

Ya

Tidak

Harga untuk ketebal 9mm

Lebih Murah

Lebih Mahal

Papan gypsum tahan terhadap api karena gypsum termasuk kategori material yang non – combustible

Papan gypsum diklasifikasikan dari jenis performa papan dan ketebalannya. Secara lebih detil kita bahas sebagai berikut :

1. Papan gypsum standard

Papan gypsum ini merupakan varian umum dari Papan Gypsum. Tebal yang tersedia yaitu 9mm, 12mm dan 15mm.

2. Papan gypsum tahan api

Papan gypsum ini mempunyai performa ketahanan terhadap api, durasi ketahanan apinya tergantung dari sistem dinding partisi yang digunakan. Tebal yang tersedia yaitu 12mm dan 15mm

3. Papan gypsum tahan kelembaban

Papan gypsum ini mempunyai performa ketahanan terhadap kelembaban, cocok digunakan untuk daerah – daerah yang lembab dalam bangunan, seperti toilet, dapur dan gudang. Bila papan gipsum ini digunakan sebagi dinding kamar mandi, maka disarankan untuk melapisi permukaan papan gypsum tersebut dengan keramik dinding, tahan kelembaban bukan berarti tahan air. Tebal yang tersedia yaitu 9mm, 12mm dan 15mm.

4. Papan gypsum tahan benturan

Papan gypsum ini mempunyai performa ketahanan terhadap benturan. Mungkin kita akan bertanya – tanya, benturan apa yang sanggup ditahan oleh papan gypsum? Benturan yang dimaksud disini adalah benturan tubuh manusia, trolley, meja kursi dan sebagainya. Cocok dipergunakan di koridor, ruang fitness, dinding kamar rumah sakit dan sebagainya. Tebal yang tersedia yaitu 12mm dan 15mm.

Selain itu ada pula produk papan gypsum yang difungsikan untuk memperbaiki kualitas akustik ruang. Papan gypsum ini biasanya dibuat berperforasi atau “bolong – bolong”. Selain fungsi akustik, papan gypsum ini terlihat sangat indah penampilannya.

Dengan semua variasi papan gypsum dengan kehebatan – kehebatannya, sayang sekali bila kita masih menggunakan triplek dalam bangunan kita. Papan gypsum tidak membatasi kreatifitas desain seorang arsitek, bentuk datar dan lengkung dapat dengan mudah diaplikasikan. Dengan tidak meggunakan triplek, kita sudah berpartisipasi dalam membantu konservasi alam, tidak menggunakan kayu berarti menjaga hutan kita.

5 komentar:

  1. boz kalau mau pasang plafon rumah ukuran 11 x 8 m..habis berapa duet yach..untuk plafon yang standart dari purwodadi godong

    BalasHapus
    Balasan
    1. maap baru bls sekarang.
      untuk harga tergantung spesifikasi bahan yg akan diaplikasikan.
      sbg pengetahuan bhw spek :

      plafond
      hollow galv 2X4. 0.4
      board knauf 9mm
      cat catylac white
      harga Rp.75.000,-/m2

      lis lebar 10 cm
      harga Rp.15.000,-/m1

      harga diatas adalah bahan sdh terpasang rapi dan sdh dicat.

      shg untuk volume ruangan dg ukuran
      11 m X 8 m = 88 m2 X Rp.75.000 = Rp.6.600.000,-

      regard, exclusive gypsum dan aluminium

      Hapus
  2. Tapi papan gipsum akan mempengaruhi kesehatan manusia

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya berfikir bahwa jika papan gypsum atau board gypsum sudah diaplikasikan menjadi plafond dan sudah mendapatkan finishing (sdh dicat) maka tidak akan mempengaruhi kesehatan.
      btw trimakasih sdh perhatian dan comment di sini.
      regard, exclusive gypsum dan aluminium

      Hapus
  3. Gan, klo gypsum model bolong-bolong ada ga ya..? Apa bolongin sendiri ?

    BalasHapus